Langkah Mudah Bertanam Buah Naga Media Pot

Membahas tentang buah tentu tak ada habisnya, dari rasanya yang enak sekaligus kaya akan manfaat, serta kegunaan lainnya. Namun terkadang pasokan buah tak selalu tersedia, semua tergantung musim dari buah apa yang diwaktu tertentu sedang dalam produksi tinggi. Untungnya saat ini ada berbagai tempat sehingga menyakinkan akan adanya pasokan dan stabilnya ketersediaan buah.


Buah naga adalah salah satu jenis buah yang populer belakangan. Tingginya permintaan pasar, menjadikan buah yang dihasilkan dari tanaman bangsa kaktus ini makin sering dibudidaya orang.

Tahukah bahwa buah naga sebenarnya berasal dari tanaman yang punya daya hidup tinggi dan minim perawatan. Rasa yang enak, dengan tekstur lembut dan manis tentu menjadikan orang tergoda untuk menanam Hylocereus Undatus, nama latin tanaman buah naga.

Saking tingginya daya hidup buah naga. Pehobi hingga pebisnis jenis hortikultura satu ini sudah banyak mengembangkannya di pot. Beberapa bertujuan sebagati tanaman produksi, bahkan ada yang untuk tujuan mempercantik taman. Untuk tahu lebih dalam, simak langkah berikut.

1.      Pemilihan Bibit dan Media Tanam

Pilihlah bibit unggul dari pohon indukan yang sudah berumur dan sehat, bibit ini bisa langsung ditanam di lahan tetapi jika lahan anda tidak terlalu luas lakukan penanman di pot dengan diameter sekitar 40cm.

Untuk jenis pot bisa plastik, drum, semen atau gerabah. Tapi untuk penanaman buah naga sebaiknya menggunakan pot semen karena membutuhkan ruang pergantian dari siang ke malam. Dan kelebihan pot semen mudah didapat dan awet ketimbang pot plastik yang ketahanannya sekitar setahun sudah pecah. Meskipun sedikit berat tapi tidak terlalu berat dari pot drum. Dan ukuran pot semen juga sangat variatif.

2.      Siapkan Ajir (Tiang Lanjaran/Tegakkan Pohon)

Ajir atau tiang tegakkan diperlukan karena pohon buah naga tergolong jenis kaktus. Siapkan tegakkan sepanjang 1,5-2meter, tancapkan ditengah pot. Gunakan ikatan untuk melekatkan pohon dengan ajir. Pilih ikatan dari bahan seperti tali rafia, bisa juga menggunakan kawat untuk tujuan keawetan, namun tali dari bahan kain atau sumbu lebih disarankan.

3.      Media Tanam, dan Perawatan Pasca Tanam Awal

Media tanam untuk buah naga terdiri dari campuran pupuk komps, pupuk kandang, dan tanah. Karena berasal dari bangsa kaktus, pilih jenis tanah yang sedikit berpasir. Untuk rawatan pasca tanam awal tidaklah rumit, cukup dengan penyiraman teratur sebanyak 2 kali sehari, intensitas penyiraman dikurangi seiring dengan usia tanam.

Itulah langkah mudah bertanam buah naga dalam pot. Dengan menjalankan langkah-langkah tersebut. Baik para penghobi maupun petani buah diharapkan akan bisa meraih manfaat lebih dari tanaman buah naga. Selain mudah dirawat tanaman ini juga tidak membutuhkan ragam pupuk terlalu variatif.


Comments

Popular Posts