Langkah Mudah Manfaatkan Pekarangan Untuk Tanam Sayuran


Sayuran adalah jenis bahan pangan yang sehat dan harus dikonsumsi setiap hari. Para pakar nutrisi sudah menyampaikan bahwa untuk mengkonsumsi sayuran perlu dilakukan agar tubuh memperoleh nutrisi cukup dari element vitamin dan mineral didalamnya.

Selain, bisa mendapatkan sayur dari pasar baik supermarket swalayan maupun pasar tradisional. Orang pun bisa mulai berpikir untuk memanfaatkan sisa lahan yang dimiliki di pekarangan rumah sebagai tempat untuk bertanam sayuran secara mudah dan tepat guna.


Efisiensi penggunaan lahan sayur di perumahaan sebenarnya sudah menjadi trend dalam beberapa waktu belakangan. Tujuannya tentu untuk menjamin ketersediaan pasokan sayur konsumsi selain itu juga mempercantik lahan. Agar tidak bingung bagaimana langkah memulainya, berikut ini ada rangkuman yang bisa dijadikan panduan.

·        Banyak Tas Plastik Bekas, Gunakan Sebagai Media Tanam

Kalau kita sering menumpuk tas plastik dari toko swalayan atau convience store ini bisa dimanfaatkan sebagai penganti media tanam umum yaitu polybag. Dengan memanfaatkan media tanam kantong plastik bekas secara langsung sudah menerapkan tiga prinsip ramah lingkungan, yaitu reduce, reuse dan recycle.

·        Ada Pot Menganggur? Tanam Sayur Saja

Seringkali di rumah ada put bunga yang tidak terpakai. Bisa dari beraneka bahan, baik plastik, semen maupun gerabah atau tanah liat. Pot-pot bunga itu bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menanam sayuran. Selain bisa mempercantik taman, sekaligus berfungsi secara ekonomis sebagai sayur konsumsi.

·        Sisa Lahan, Buat Bedengan, Tanam Sayur Saja

Seringnya ada sisa lahan mungkin di samping atau di belakang rumah. Sisa lahan ini bisa dibuat lajur bedengan dan dimanfaatkan untuk berkebun sayur. Beberapa jenis sayur yang mudah ditanam dengan sistem ini; bayam, sawi hingga kacang-kacangan. Sistem tumpangsari bisa juga diterapkan, artinya menanam banyak jenis tanaman dalam satu lahan secara serempak.

·        Hidroponik, Metode Bebas Tanah, Media Air

Sayur hidroponik adalah jenis sayur konsumsi dengan harga yang cukup pantas di pasaran. Banyak swalayan besar bahkan menawarkan produk hidroponik dengan harga lumayan. Teknik ini bisa dicoba, namun tentu perlu kesabaran karena ada beberapa metode yang harus dipelajari.

Itulah beberapa langkah memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertanam sayur. Setiap langkah tentu dipelajari secara seksama. Tujuannya agar hasilnya tetap bisa maksimal seperti bila ditanam di kebun dengan skala besar.

Selain menjadi langkah untuk mempercantik pekarangan dan konsumsi keluarga bertanam sayur di lahan sempit seperti ini, akan memberikan manfaat bila ditekuni secara mendalam. Karena saat ini, banyak lokasi yang menampung hasil tanam sayuran dari rumahan. Tentunya ini adalah ide bisnis yang patut dilirik bagi siapa saja untuk mendatangkan keuntungan. Tapi metode pemasaran pun tetaplah harus diketahui seksama.

Comments

Popular Posts