Mengenal Cavendish, Si Cebol Raja Pisang Masa Kini


Pisang cavendish menjadi raja pisang belakangan ini. Diminati berbagai usia dan kalangan, pisang ini bahkan sangat mudah ditemukan di pasar swalayan. Harga yang relatif terjangkau menjadikan jenis pisang satu ini sebagai primadona diantara buah pisang lainnya.

Dulunya orang Indonesia mengenal Cavendish dengan sebutan sebagai pisang ambon putih. Warna kulitnya kuning keemasan kadang berbintik hitam menandakan buah sudah masak penuh. Rasa yang manis dan tekstur lembut jadi alasan mengapa sangat banyak orang suka dengan pisang ini.

Karena rasa serta berbagai keunggulannya jenis pisang ini bahkan mengalahkan varietas pisang lainnya. Untuk tahu seluk beluk dan cara budidaya tanaman hortikultura satu ini, mari kita ulas satu persatu.



·        Bibit

Biasa diperbanyak dengan metode kultur jaringan dibanding langsung dari anakan yang melekat dalam satu rumpun indukannya, pisang ini punya keunggulan dari segi bibit. Nama latinnya adalah Musa Acuminata Cavendish subgroup ia dikenal dengan jenis pisang yang pohonnya tumbuh tak terlalu tinggi, hanya berukuran 2,5-3 meter. Pohon cavendish sehat berwarna hijau kehitaman, dengan kulit tebal yang menyelimuti ares atau inti pohon pisangnya.

·        Karakteristik Tanaman

Jenis pisang ini tumbuh subur di dataran dengan iklim tropis maupun subtropis. Dan ketinggian tanam berkisar antara 1600 m dpl. Selain itu curah hujan terbaik minimal 200 dan maksimal 220 mm/tahun. Mudah roboh, termasuk karena angin kencang, karena itu sangat pas ditanam di tanah berkarakteristik liat dan dalam, lingkungan yang aerasi baik seperti tanah tegalan atau perengan menjadi lokasi terbaik untuk menanam karena sangat sesuai dengan karakteristik tanaman.

·        Gangguan Pasca Tanam

Pisang cavendish rentan terhadap beberapa jenis fungi yang dikenal dengan istilah layu panama atau layu fusarium. Penyakit jenis ini menjadikan daun pisang mudah putus juga layu. Bila pohon terserang ini, sebaiknya varietas tanam segera diganti sebab belum ditemukan jenis penanganan efektif untuk itu.

·        Waktu Tanam dan Masa Panen

Pisang sangat baik ditanam di bulan Oktober atau menjelang musim penghujan. Lubang tanam dibuat persegi berukuran 40 cm masing-masing untuk panjang, lebar dan kedalamannya. Untuk jarak tanam per pohon berkisar 3 meter. Lubang dibuat secara manual dengan menggunakan cangkul.

Bila pohon tumbuh dengan sehat, maka selanjutnya akan memasuki masa panen. Ini ditandai dengan mengeringnya daun bendera pohon pisang. Tanda ini biasanya akan muncul di hari ke 80-100 pasca tanam.

Menanam pisang cavendish memang punya tingkat kerumitan tersendiri. Terlebih bila dilakukan oleh pemula. Karena itu, tentu wajib untuk diperhatikan karakteristik tanaman, lingkungan tempat bertanam sampai pada perawatannya. Proses tanam dengan benar akan mewujudkan hasil panen yang ideal dan menjanjikan keuntungan berlipat ganda.

Comments

Popular Posts